Wednesday, September 27, 2017

manfaat lumut sebagai obat


Manfaat lumut sebagai obat alami dapat digunakan sebagai pengobatan alternatif. Lumut yang merupakan tanaman berwarna hijau yang dapat kita jumpai di batang pohon ini sering kita anggap sebagai parasit tersebut ternyata memiliki khasiat dan manfaat bagi kesehatn dalam pengobatan.Indonesia memiliki banyak sekali keanekaragaman hayati tertinggi di dunia setelah brazil. Banyak sekali dari keanekaragaman hayati diindonesia yang masih banyak yang belum diketahui manfaat dan potensi yang dimiliki.
Salah satu keanekaragaman hayati yang baru diketahui baru-baru ini adalah tumbuhan lumut. Tumbuhan lumut yang ada di indonesia ada 1500 species, namun belum banyak orang yang mau meneliti dan mengkaji potensi yang dimiliki tumbuhan lumut di indonesia. Sebagai tumbuhan tingkat rendah, lumut memiliki fungsi yang tidak kalah penting dibanding tumbuhan lain. Beberapa jenis bryophyta selain berfungsi sebagai tumbuhan perintis, juga bermanfaat untuk pengobatan dan bernilai estetis sebagai tanaman hias.
Manfaat lumut sebagai obat dari jenis sphagnum atau lumut rawa juga memiliki manfaat yang besar bagi kesehatan. Species dari jenis ini dapat kita temui di curug cibeureum, taman nasional gunung gede pangrango, yang ternyata sering digunakan sebagai obat penyakit kulit dan mata.
Dari literatur pengobatan kuno, ternyata tumbuhan lumut dari jenis lumut hati bisa digunakan pengobatan gangguan liver atau hati.
Menurut Eka AP Iskandar Msc, Seorang peneliti lumut di LIPI (Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia), juga mengatakan dalam penggunaan lumut untuk pengobatan gangguan fungsi hati harus dikaji terlebih dahulu termasuk efek yang ditimbulkan , karena masih berkaitan antara pengobatan kuno dengan mitos-mitos yang ada.
Ekstract lumut dapat juga digunakan untuk anti kanker, antibakteri, antifungi, antifidan, obat darah tinggi, epilepsi, sebagai anti septik, penyakit kulit, obat luka bakar, luka sayatan, pengobatan penyakit jantung, menumbuhkan rambut, menghilangkan racun dari gigitan ular, dan juga sebagai logam berat yang terkandung dalam tanah pertanian.
Jenis Tumbuhan Lumut Daun
Jenis tumbuhan lumut yang sering banget digunakan untuk pengobatan adalah dari jenis lumut hati dan lumut daun, Diantaranya sebagai berikut :
  1. Marchantia polymorpha dikenal juga dengan lumut hati, jenis tersebut dapat digunakan sebagai obat hepatitis, dan menghilangkan racun akibat gigitan ular.
  2. Conocephalum conicum, juga termasuk jenis lumut hati, berfungsi sebagai antibakteri, antifungi, mengobati luka bakar dan luka luar.
  3. Frullania tamarisci, merupakan jenis lumut hati yang dapat digunakan sebagai obat antiseptik.
  4. Fissidens japonicum, merupakan dari jenis lumut daun, dapat digunakan untuk membantu pertumbuhan rambut.
  5. Rhodobryum giganteum, merupakan jenis lumut daun yang dapat mengobati tekanan darah tinggi dan sebagai sedatif atau obat bius.
  6. Cratoneuron filicinum, termasuk jenis lumut daun yang mengandung senyawa untuk mengobati penyakit jantung.
  7. Haplocladium catillatum, merupakan jenis lumut daun, yang berguna untuk mengobati mengobati pneumonia.
Manfaat lumut daun sebagai obat alami ini memiliki potensi sebagai obat-obatan yang masih belum banyak digunakan dan dilakukan penelitian mengenai kandungan kimia di dalamnya.Maka dari itu diperlukan kerjasama antara peneliti dengan industri obat-obatan dalam melakukan pengujian ilmiah secara lebih mendalam. Dari situ juga dapat menjadikan sebagai peluang ekonomi bagi industri obat-obatan yang membutuhkan bahan baku alami sebagai bahan dasar pembuatan obat.

No comments:

Post a Comment